5 Alat Olahraga simple bisa di gunakan di Rumah

 

Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai. Olahraga pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan efek relaksasi ke orang yang melakukan olahraga dan hiburan ke orang yang menonton.

Tempat Fitness menjadi tempat yang banyak orang datangi saat ingin melakukan olahraga. Banyak sekali Alat peraga olahraga yang bisa kita jumpai di tempat fitness. Tetapi di jaman yang serba mudah ini tenang aja, kalau kalian ingin olahraga dengan alat peraga tapi tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke tempat Fitness. Nahh!! Sobat Comfy mau kasih tau ada 5 alat peraga ringan yang kegunaanya sama sama bisa buat bentuk badan kalian.


1. TALI SKIPPING (LOMPAT TALI)



Lompat tali alias skipping adalah olahraga rumahan  yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif olahraga kardio untuk membakar lemak jika Anda tidak suka berlari.

Pada awalnya, lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi dalam 3-4 set, kemudian istirahat selama 30-90 detik antara kedua set. Tingkatkan durasi lompat tali Anda secara bertahap menjadi 60 detik hingga 90 detik.

Sebaiknya Anda melakukan latihan lompat tali tiga sampai empat kali dalam seminggu secara tidak berurutan. Misalnya, hari ini Anda lompat tali, tapi besoknya tidak.


2. DUMBELL

Dumbbell adalah versi mini dari alat angkat beban yang ada di gym. Bobot dumbbell sendiri bervariasi, mulai dari yang sangat ringan sekitar 0,5 kg hingga berat hingga mencapai 10 kg. 

Jika Anda baru mulai melakukan latihan angkat beban, dumbbell bisa membantu Anda untuk membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, dumbbell juga bisa Anda gunakan sebagai variasi saat melakukan sit up, bench press, hingga squat sebagai tantangan dan memaksimalkan sesi olahraga Anda.


3. MATRAS YOGA


Saat berolahraga di rumah, rasanya tidak lengkap kalau Anda belum memiliki perlengkapan yang satu ini. Ya, matras yoga merupakan salah satu alat olahraga penting bagi Anda yang rutin yoga atau meditasi. Alat ini juga bermanfaat untuk melakukan berbagai gerakan senam lantai, seperti plank, push up, dan sit up.

Matras yoga berfungsi untuk menjaga pijakan Anda tetap mantap selama melakukan pose-pose yoga, sekaligus melindungi tubuh Anda dari benturan ketika jatuh tergelincir. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih nyaman berlama-lama melakukan yoga menggunakan matras.

4.PULL UP BAR

Pull up merupakan olahraga yang diminati para pria karena  dapat membantu membentuk otot-otot tubuh. Ternyata alat pull up ini juga bisa dilakukan wanita. Gerakannya pun bisa dilakukan dengan simpel.

Pertama, posisikan tubuh seperti menggelantungkan tangan dan raih bar yang sudah disediakan. Selanjutnya, usahakan angkat badan hingga dagu sejajar dengan bar-nya.Dengan rentan harga Rp.50.000 sampai dengan Rp.500.000 anda bisa melatih rangka tubuh anda bagian belakang dengan maksimal.


5.RESISTANCE BAND

Resistance band adalah seutas tali karet elastis untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah hingga tinggi. Semakin rendah elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut Anda bentangkan sehingga otot harus bekerja ekstra untuk melawannya.

Bentuknya resistance band pun macam-macam. Ada yang benar-benar seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan pada kedua ujungnya, serta ada pula yang berbentuk lingkaran.

Ada banyak cara menggunakan resistance band. Cara paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Anda juga bisa menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin.


Nah itu dia 5 alat olahraga ringan yang bisa digunakan di rumah maupun di tempat lain. Berolahraga di rumah bisa Anda jadikan alternatif apabila kondisi luar ruangan kurang kondusif, misalnya lalu lintas kendaraan bermotor yang padat dan tingkat polusi udara yang tinggi. Saat berolahraga, selalu pastikan Anda menggunakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman untuk mengurangi risiko cedera.


credit by. Einstein & Roy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 5 Hadiah Menarik untuk Orang yang Senang Berolahraga

Tips Mengurangi Bahaya Saat Berolahraga, Prioritaskan Keselamatan Anda!!